floating market lembang bandung

Floating Market Lembang Memiliki 5 Hal Menarik

Floating Market Lembang Memiliki 5 Hal Menarik

Floating Market- Liburan ke Bandung memang selalu menyenangkan, terlepas kemacetan yang selalu terjadi di akhir pekan. Bandung selalu menyajikan suasana berbeda yang selalu di rindukan.

Salah satu tempat wisata menarik di Bandung yang sempat kami dikunjungi adalah Floating Market. Floating Market terletak di bagian utara Kota Bandung, tepatnya di Lembang kabupaten Bandung barat.

Mendengar kata Floating market, sebagian dari kita mungkin berfikir apakah sama dengan Floating market yang ada di Bangkok Thailand? Baiklah berikut adalah catatan kami mengenai objek wisata yang sedang hits di Lembang yang ada di Bandung barat.

Baca juga : Kawah Putih Bandung Pesona Wisata Gunung Patuha

Floating Market Lembang Menjadi Magnet Wisata Baru di Bandung

Floating Market Lembang adalah salah satu tempat wisata yang menyajikan sebuah area wisata alam terintegrasi. Dimana di dalam area wisata ini pengunjung dapat menikmati keindahan panorama alam berupa danau dan taman buatan.

Objek wisata di Lembang ini semakin unik dengan hadirnya konsep pasar terapung. Dimana para penjual makanan dan minuman menjajakan dagangannya dengan menggunakan perahu-perahu yang tertambat di tepi danau.

Inilah salah satu yang yang berbeda dengan Floating Market di bangkok maupun di Kalimantan. Dimana baik penjual maupun pembeli masing-masing menggunakan perahu untuk bertransaksi. Jadi jika ingin menikmati sajian makanan di sekitar sini tidak perlu mendayung terlebih dahulu.

Beberapa tema wisata lain juga tersedia disini seperti area Kampung Leuit yang menghadirkan suasana pedesaan dan pesawahan khas jawa barat.  Ada juga taman kelinci yang menghadirkan tingkah polah lucu kelinci peliharaan, area taman angsa, area memancing untuk anak-anak. Serta salah satu arena yang terbaru adalah taman miniatur kereta api yang sangat menarik.

Floating Market Lembang kini menjadi magnet baru wisata alam di kawasan Lembang Bandung Barat. Setiap hari terutama di akhir pekan ratusan bahkan ribuan wisatawan berkunjung ke tempat wisata ini.

Apalagi pada libur panjang, maka bisa dipastikan antrian kendaraan akan mengular menuju objek wisata ini. Oleh sebab itu bagi anda yang akan berkunjung ke sini kami sarankan untuk mengunjungi pada hari biasa.

Berikut adalah 5 hal menarik di Floating Market Lembang

1.  Konsep pasar terapung

Telah dibahas tadi, di area wisata ini kita dapat berwisata sekaligus menikmati kuliner yang dijajakan dengan konsep pasar terapung. Dimana pengunjung dapat membeli aneka makanan dan minuman dipinggir danau. Penjual menyajikan berbagai olahan kuliner pada perahu-perahu yang tertambat di pinggir danau. Sajiannya apa saja? Banyak sekali menu yang bisa kita pilih disini, mulai dari ikan bakar hingga cemilan khas jawa barat seperti seblak.

2.  Transaksi dengan koin

Hal yang unik dan menarik lainnya yang terdapat di sini adalah transaksi dengan koin. Pengunjung tidak dapat membeli makanan atau minuman yang tersedia di sini dengan uang. Karena semua pembayaran makanan dan minuman disini harus dengan koin. Caranya mudah dibagian lobby kita dapat menukarkan uang dengan koin untuk kepentingan anda berbelanja selama di dalam area wisata ini. Tapi karena uang kita sudah ditukar dengan koin, selalu ingat nilai konversinya. Karena kalo lupa bisa jadi kita malah boros jajan-jajannya.

3. Minuman dengan logo Floating Market

Hal unik lainnya adalah ketika memasuki area ini, setelah membayar tiket masuk anda dapat memilih minuman siap saji. Beberapa varian minuman seperti kopi dan coklat dapat anda pilih disini. Setaip minuman disajikan dalam gelas khas Floating Market.

4. Taman miniatur kereta api

Inilah taman miniatur kereta api terbesar di Indonesia, disini kita dapat menikmati miniatur kereta api dengan skala 1:24. Lengkap dengan pemandangan stasiun, jembatan, SPBU serta pemandangan alam di sekitar Padalarang dan Cikalong Wetan.

5. Rumah Wisata Catur

Bagi pengunjung yang hobi bermain catur, disini terdapat rumah catur yang dilengkapi dengan papan catur yang dapat dimainkan oleh pengunjung. Setiap hari minggu mulai jam 10 hingga jam 4 sore rumah wisata catur dibuka untuk umum. Pihak pengelola bahkan menyiapkan bintang tamu untuk kegiatan ini. Pengunjung dapat bermain dengan bintang tamu maupun teman sendiri.

Fasilitas di Floating Market Lembang

Fasilitas di area wisata ini cukup lengkap, diantaranya adalah:

  • Penjual makanan/minuman
  • Toilet
  • Mushola
  • Parkir mobil dan motor
  • Merchandise/oleh-oleh
  • Kafe western food

Transportasi menuju Floating Market Lembang

Untuk menuju area wisata Floating Market anda dapat menggunakan kendaraan pribadi roda empat maupun roda dua. Akses jalan menuju ke objek wisata ini cukup sangatlah baik dan lebar.

Dari Bandung anda dapat melalui jalur Cipaganti, Setiabudhi, Ledeng, Lembang sementara dari Subang anda dapat melalui jalur Ciater.

Angkutan umum tersedia dari Bandung melalui rute angkot Stasiun Bandung – Lembang dan Ciroyom – Lembang. Atau anda juga dapat naik angkutan lainnya seperti Taxi.

Kebetulan rute angkutan umum yang dari Bandung melewat gerbang Floating Market. Hanya saja anda harus menunggu sampai angkutan tersebut melewati pasar lembang dan menuju arah Bandung. Perlu di ketahui bahwa jalur yang melewati Floating Market memang jalur satu arah.

Makanan dan Minuman di Floating Market Lembang

Berbagai jenis makanan dan minuman tersedia di Floating Market melalui konsep pasar terapung. Berbagai jajanan khas jawa barat seperti nasi timbel, ketan bakar, seblak, karedok, rujak hingga bakso tersedia disini. Tetapi jangan lupa untuk menukarkan uang terlebih dahulu dengan koin untuk membayara berbagai makanan dan minuman tersebut.

Harga Tiket Masuk Floating Market

Tiket Masuk

  • Senin-Jum’at         : Rp.10.000
  • Sabtu-Minggu         : Rp.15.000
  • Parkir Mobil/Motor    : Rp.3000/5000