Taman Hutan Raya Juanda

taman hutan raya juanda

TAMAN HUTAN RAYA JUANDA, SARANA WISATA KELUARGA

Taman Hutan Raya Juanda – Ingin menikmati suasa hutan yang masih asri? Jika sedang di Bandung kita bisa liburan dengan menikmati rimbunnya pepohonan dan udara segar di Taman Hutan Raya (TAHURA) Juanda.

Tahura Juanda terletak di sebelah utara Kota Bandung tidak jauh dari Dago. Salah satu tempat terkenal yang sering digunakan anak muda Bandung untuk nongkrong.

Seperti namanya Taman Hutan Raya Juanda Bandung adalah hutan konservasi yang di dominasi oleh pohon pinus. Hutan ini membentang dari Dago Kota Bandung dan Maribaya di Lembang.

TAHURA Juanda dilintasi oleh sungai yang terkenal di Bandung yaitu sungai Cikapundung. Sungai Cikapundung yang berhulu di Lembang dan membentang ke selatan hingga membelah Kota Bandung.

Sungai Cikapundung menjadi sumber air baku yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan air di Kota Bandung.

Aliran air sungai cikapundung juga menjadi sumber air bagi pembangkit listrik tenaga air.

Pada aliran sungai Cikapundung di TAHURA ini terdapat beberapa air terjun atau curug yaitu curug omas. Curug ini berada di kawasan Maribaya Lembang, Curug Cigulung, Curug Dago dan Curug Cikoleyang.

Baca juga : Menikmati Alunan Musik di Saung Angklung Udjo

Taman Hutan Raya Juanda

Taman Hutan Raya Juanda adalah kawasan pelestarian alam yang mengoleksi berbagai tumbuhan dan satwa baik asli Indonesia maupun luar Indonesia.

Taman hutan raya Juanda dimanfaatkan untuk kepentingan ilmu pengetahuan, penelitian dan pendidikan serta menunjang budidaya, budaya, pariwisata dan rekreasi.

Secara umum Taman hutan raya Juanda merupakan hutan alam sekunder dan hutan tanaman dengan jenis pinus merkusii.

Pinus merupakan koleksi flora yang mendominasi di hampir seluruh kawasan taman hutan raya Juanda.

Sementara tanaman yang bukan asli Indonesia yang tumbuh disini diantaranya adalah pohon sosis dan mahoni uganda berasal dari Uganda Afrika.

Sementara salah satu koleksi tanaman yang unik dan menarik adalah bunga bangkai yang merupakan hasil eksplorasi dari Bengkulu.

Beberapa Objek Menarik di Taman Hutan Raya Juanda

Taman hutan raya Juanda juga memiliki rumah aklimatisasi yaitu bangunan untuk mengadaptasi spesimen yang diambil dari lokasi eksplorasi.

Di Taman hutan raya Juanda juga terdapat rumah flora yang menyimpan dan mengoleksi tumbuh-tumbuhan untuk membudidayakan berbagai jenis anggrek.

Sementara itu jenis fauna juga dapat ditemukan di Taman Hutan Raya Juanda, yaitu dari jenis primata adalah kera ekor panjang.

Sementara dari jenis burung terdapat burung tekukur, Burung Kacamata, Burung Perenjak Jawa, Burung Bondol Jawa, Burung Kepodang dan Burung Kutilang.

Fauna lain diantaranya terdapat ayam hutan, musang, tupai dan berbagai mamalia lainnya.

Di Taman Hutan Raya Juanda juga terdapat penangkaran rusa dan juga budidaya lebah madu. Tujuan penangkaran dan budidaya ini di dirikan adalah untuk memberdayakan ekonomi masyarakat disekitar Taman Hutan Raya Juanda. Lokasi penangkaran rusa dan juga budidaya lebah madu berada di daerah Bantar Awi.

Info Lokasi Objek Menarik di Taman Hutan Raya Juanda

Karena lokasi TAHURA ini luas, maka terdapat 4 pintu gerbang, 3 diantara di Dago dan satunya di kawasan Maribaya Lembang.

Oleh sebab itu sebelum mengunjungi Taman Huta Raya Juanda sebaiknya tentukan dulu tujuan dan minat anda. Ini bertujuan agar dapat memilih lokasi yang sesuai dan tepat.

Bagi anda yang ingin melihat Kolam Pakar, Monumen Ir. H Juanda, pusat informasi Taman Hutan Raya Juanda. Serta Goa jepang dan Goa Belanda, sebaiknya anda masuk dari pintu 1 dan pintu 2 yang terdapat di dago pakar.

Melalui pintu 1 dan 2 anda dapat menikmati beberapa fasilitas wisata diantaranya panggung terbuka, flying fox dan arena bermain anak.

Namun bagi anda yang ingin melihat Curug Omas dan Curug Lalay sebaiknya masuk dari pintu 4. Pintu 4 ini berada dikawasan Maribaya Lembang.

Di Tahura Juanda terdapat jogging track yang membentang dari sebelah selatan dikawasan Dago Pakar hingga ke utara dikawasan Maribaya Lembang.

Jadi bagi anda yang menjelajahi TAHURA Juanda dapat mengikut jalur jogging track / jalan setapak ini.

Di sepanjang jogging track ini kita akan menemukan setidaknya dua jenis pohon kaliandra yaitu kaliandra merah dan kaliandra putih.

Transportasi Menuju Taman Hutan Raya Juanda

Menuju taman hutan raya Juanda kita dapat masuk dari Kota Bandung maupun dari Lembang.

Dari Kota Bandung kita dapat menuju TAHURA baik melalui kawasan Dago maupun dari Cikutra.

Dari Kota Bandung kita dapat naik angkutan kota jurusan Kebon Kalapa – Dago. Lalu ketika sampai di terminal Dago, kemudian melanjutkan perjalanan dengan ojek.

Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi, akses ke TAHURA juga dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Sementara dari Lembang kita dapat menumpang akuntan jurusan Lembang – Cibodas atau menggunakan kendaraan pribadi.