Pura Uluwatu Bali

Pura Uluwatu Bali

Pura Uluwatu Bali Dengan Pemandangan Yang Exotic

Pura Uluwatu terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, sekitar 25 km ke arah selatan dari wilayah Kuta. Pura Uluwatu Bali ini berdiri di ujung tebing batu yang sangat tinggi dan curam. Dengan pemandangan lautnya dibawah berwarna biru bersih dan hantaman ombak yang menghasilkan buih-buih putih yang sangat cantik.

Pura Luhur Uluwatu berfungsi sebagai tempat pemujaan terhadap Dewa Rudra. Dan dipercaya oleh umat Hindu sebagai penyangga dari 9 mata angin atau disebut dengan Pura Sad Kahyangan. Ada dua pendapat tentang sejarah berdirinya Pura Uluwatu.

Ada pendapat yang mengatakan bahwa pura ini didirikan oleh Empu Kuturan pada abad ke 11. Sedangkan pendapat lain mengaitkan pembangunan Pura Luhur Uluwatu dengan Dang Hyang Nirartha, seorang pendeta yang berasal dari Jawa Timur.

Dang Hyang Nirartha datang ke Bali pada abad 15. Beliau kemudian mendirikan Pura Uluwatu di Bukit Pecatu, setelah melakukan perjalanan spiritual berkeliling Pulau Bali dan kembali menuju Uluwatu. Di pura inilah beliau mencapai ‘Moksa’, meninggalkan dunia menuju ‘swargaloka’ (surga)

Jika anda mengunjungi objek wisata ini, maka berhati – hatilah pada segerombolan monyet yang menghuni kawasan tersebut. Para monyet ini biasanya suka usil dengan mengambil berbagai macam barang yang dibawa pengunjung. Barang yang sering menjadi incaran mereka adalah kacamata, tas, dompet atau apa saja yang gampang direbut.

Baca juga : Kebun Binatang Ragunan Jakarta

Tari Kecak Pura Uluwatu

Jika berkunjung ke Pura Luhur Uluwatu belum sempurna rasanya jika belum menonton tari kecak. Di bagian sebelah kiri pura ini teradapat sebuah tempat untuk pentas tari kecak. Tari kecak ini dipentaskan saat senja berlangsung dan ini menambah berkesan suasana saat menyaksikannya. Tari kecak yang ada di Pura Uluwatu ini mengkisahkan tentang Ramayana.

Untuk menyaksikan pentas tari kecak di Pura Luhur Uluwatu ini kita harus merogoh kocek sebesar Rp 120.000 per orang. Memang, harga yang ditawarkan cukup mahal, namun ini akan terasa pantas jika kita sudah terhipnotis dan penuh magis oleh pentasnya. Gimana, penasaran dengan pentas tari kecak yang ada di Pura Uluwatu Bali ini? Yuk langsung aja kemas ransel mu dan datang langsung ke Pura Luhur Uluwatu Bali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.