Jelajahi Wisata Alam Puncak Becici Yogyakarta

Yogyakarta memiliki daya tarik yang luar biasa, mulai dari budaya-nya yang menarik hingga berbagai objek wisatanya. Salah satu tempat wisata alam yang bisa anda kunjungi di kota pelajar ini adalah Puncak Becici.

Lokasinya berada di Kecamatan Dlingo, sebuah kecamatan di Kabupaten Bantul Yogyakarta. Obyek wisata alam ini sebenarnya hampir sama seperti yang ada di Kalibiru yaitu sebuah bukit yang menawarkan pemandangan indah.

Dari Puncak Becici, para wisatawan dapat menikmati dua pemandangan yang berbeda. Di sebelah barat, anda bisa menyaksikan kota Yogyakarta dan hamparan persawahan. Tempat ini juga menjadi spot tepat untuk melihat indahnya sunset atau matahari terbenam.

Sedangkan di sebelah utara Puncak Becici, para wisatawan bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Sumbing apalagi jika cuaca sedang cerah.

Lalu, fasilitas apa sajakah yang akan para pengunjung dapatkan? Penjelasannya ada pada bagian di bawah ini yang telah dirangkum dengan informasi lain mengenai lokasi wisata alam ini.

Fasilitas di Puncak Becici

Untuk anda yang ingin mengunjungi tempat wisata alam yang satu ini, anda akan menemukan berbagai fasilitas yang bisa dikatakan cukup sederhana sebab fasilitas tersebut dibuat dari swadaya masyarakat sekitar. Beberapa fasilitas yang bisa para wisatawan dapatkan adalah sebagai berikut.

– Petujuk jalan yang akan mempermudah para wisatawan untuk mencapai lokasi
– Area parkir yang cukup luas untuk kendaraan beroda dua maupun beroda empat
– Mushola untuk para wisatawan yang ingin beribadah
– WC/Kamar mandi umum
– Bangku kayu
– Gasebo sebagai tempat istirahat sambil menikmati pemandangan
– Rumah pohon atau gardu pohon untuk para wisatawan yang ingin melihat pemandangan dari ketinggian

Biaya berkunjung ke Puncak Becici

Apabila anda ingin mampir ke tempat wisata di Kecamatan Dlingo ini, anda harus menyediakan anggaran yang relatif murah. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Tiket masuk lokasi
Tempat wisata ini tidak memungut tiket masuk seperti tempat wisata lain. Sebagai gantinya adalah anda harus membayar biaya parkir sebesar Rp 3.000,- untuk motor, Rp 10.000,- untuk mobil dan Rp 20.000,- untuk bus.

Namun, jika anda berkunjung di atas pukul 18.00, maka parkir motor sebesar Rp 4.000,-. Sedangkan untuk acara camping, parkir motor akan naik menjadi Rp 5.000,-.

Biaya toilet
Di tempat wisata ini, setiap kali memakai toilet, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.000,-

Biaya Camping
Untuk pengunjung yang ingin camping di tempat ini, maka akan dikenakan tarif sebesar Rp 5.000,-.

Biaya prewedding
Karena indahnya pemandangan yang tersaji, maka tak jarang jika wisata alam ini menjadi spot untuk prewedding, dan pengunjung pun harus membayar biaya sebesar Rp 30.000,-.

Transportasi Menuju Lokasi Puncak Becici
Dari kota Jogjakarta, para pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Rute yang harus dilewati adalah Jl. Imogiri, setelah sampai pasar Imogiri, pacu kendaraan ke arah Kebun Buah Mangunan.

Kemudian, di pertigaan belok ke kiri yaitu arah ke hutan pinus. Selanjutnya, para pengunjung akan menemukan papan petunjuk jalan yang akan memberikan tanda untuk mencapai lokasi wisata.

Namun, lokasi wisata ini tidak bisa langsung ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Para pengunjung harus memarkir kendaraan mereka di parkiran yang telah disediakan.

Dari titik inilah para pengunjung harus mulai berjalan kaki menuju spot wisata ini. Sekitar 15 menit perjalanan melewati hutan pinus, para pengunjung akan melihat pemandangan luar biasa ada di depan mereka.

Jam Buka dan Jam Tutup Puncak Becici

Di tempat wisata alam ini, berlakunya jam buka dan jam tutup lokasi wisata tidak begitu diperhatikan sebab terkadang ada pengunjung yang baru sampai ke lokasi pada sore atau petang hari.

Tetapi, kebanyakan dari pengunjung yang tidak melakukan camping di Puncak Becici akan pulang pada sore hari menjelang petang.

Objek Wisata Lain yang Dekat Dengan Puncak Becici

Jika para wisatawan ingin mengunjungi tempat wisata lain setelah puas melihat pemandangan kota Jogja dari ketinggian, maka ada beberapa pilihan tempat menarik yang bisa dikunjungi, dan inilah beberapa spot wisata yang ada di sekitar kawasan ini.

Kebun Buah Mangunan
Kebun Buah Mangunan merupakan tempat wisata alam argo. Di tempat ini, para pengunjung akan dapat melihat berbagai buah-buahan yang bisa dibawa pulang dengan membayar biaya tertentu pastinya.

Pilihan Kebun Buah ini bisa menjadi ide yang bagus sebagai wisata keluarga sehingga para orang tua bisa sekaligus mengajarkan putra putri mereka mengenai berbagai buah yang ada di tempat wisata tersebut.

Hutan Pinus
Untuk spot yang kedua adalah Hutan Pinus. Hutan Pinus ini sebenarnya dilewati saat pengunjung ingin mencapai spot wisata alam yang menyajikan pemangan kota Jogja dari atas.

Di lokasi hutan pinus ini, para pengunjung akan mendapatkan spot selfie yang menarik sehingga tak jarang jika banyak orang berhenti sejenak di hutan pinus untuk mengabadikan gambar.

Gardu Pandang Suroloyo
Selanjutnya, ada pula Gardu Pandang Suroloyo. Tempat wisata ini sebenarnya hampir sama dengan spot Puncak Becici, yang membedakan adalah lokasinya saja.

Untuk Gardu Pandang Suroloyo, tempat ini berada di balik daerah Resort Pengelolaan Hutan atau RPH Mangunan. Di tempat wisata ini, para pengunjung pun bisa menikmati pemandangan Jogja dari ketinggian.

Rumah Makan atau Kuliner di Sekitar Puncak Becici

Ketika sedang berwisata, tentu saja terkadang para pengunjung ingin mencari tempat kuliner atau tempat makan, dan untuk di kawasan wisata ini, tempat makanan hanya akan ditemukan di sekitar lokasi parkir.

Jadi, apabila ingin membeli makanan entah itu untuk oleh-oleh ataupun untuk disantap di lokasi, maka sebaiknya anda membelinya sebelum anda melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki.

Namun, anda pun bisa membawa bekal sendiri dari rumah agar anda tidak perlu membeli makanan di tempat wisata.

Tips Berwisata di Kawasan Puncak Becici

Bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata yang satu ini, ada beberapa hal yang harus anda lakukan. Pertama adalah anda harus pastikan bahwa kondisi tubuh anda sedang fit sebab untuk mencapai spot paling indah,anda harus jalan kaki selama kurang lebih 15 menit.

Kemudian, perbekalan makanan pun sebaiknya disiapkan seperlunya saja agar anda tidak harus terlalu banyak beban.

Dan yang terakhir adalah anda harus memperhatikan kebersihan di lokasi wisata. Dalam hal ini, anda harus menjaga kebersihan tempat wisata agar keindahan Puncak Becici akan terus terjaga.

Jadi, jika anda ingin membuang sampah, sebaiknya anda siapkan tas kresek khusus untul tempat sampah anda agar anda tidak membuang sampah sembarangan.