Pulau Weh Jatuh Cinta Pada Pandangan Pertama

Pulau Weh

Pulau Weh, Jatuh Cinta Pada Pandangan Pertama

Siapa yang tidak kenal dengan Sabang? Kota ini dielu-elukan sebagai lokasi paling barat di Indonesia. Berlawanan dengan Merauke yang disebut-sebut berada di ujung timur, sehingga kita sering menyebut Indonesia membentang dari Sabang sampai Merauke. Namun, ketika menyebut pulau weh ini, sudah banyakkah yang tahu?

Pulau Weh adalah nama pulau dimana kota Sabang berada, dan popularitasnya masih kalah dibanding Sabang. Namun pulau ini menyimpan eksotisme wisata bahari bawah laut yang hanya kalah tipis dibanding Raja Ampat atau Bunaken. Laut Pulau Weh amat tersohor dengan kekayaan bawah lautnya, sehingga menjadi lokasi sempurna untuk penyelaman.

Tempat Menyelam di Pulau Weh

Salah satu titik penyelaman yang paling banyak dikunjungi adalah Pantai Iboih. Jika teluk di Pantai Weh dapat diibaratkan berbentuk tapal kuda, maka Pantai Iboih berada pada lengkungan sisi sebelah kiri. Posisinya yang terlindung menjadikan laut Pantai Iboih amat tenang, dangkal, dan ombak yang sangat kecil. Saat Aceh diserang tsunami, posisi geografis ini menyelamatkan Pantai Iboih dari kerusakan parah.

Hampir semua wisatawan akan langsung jatuh cinta pada keindahan Iboih. Lautnya yang luar biasa jernih, didukung dengan hutan lindung yang berada di tepiannya. Tidak berlebihan jika lokasi ini disebut taman firdaus, karena fungsinya yang benar-benar sebagai taman “bermain” dengan suasana yang amat indah.

Kesan yang ditawarkan oleh Pantai Iboih adalah kehidupan yang menyenangkan. Di pantai ini, pengunjung terbiasa untuk melakukan permainan seperti yang dilakukan anak-anak, tak peduli usia yang sudah dewasa. Mereka terbiasa menggantungkan tali pada pohon tropis ditepi pantai, yang kemudian digunakan untuk berayun dan menceburkan diri ke dalam air.

Wisata bawah laut juga menawarkan sensasi tersendiri. Lokasi diving di Pantai Iboih dan Pulau Weh secara umum disebut-sebut tidak kalah dibanding Raja Ampat dan Bunaken. Terumbu karang yang ada di sini amat indah dan hidup. Demikian pula dengan ratusan jenis ikan besar dan kecil yang menghuni di sela-sela terumbu karang itu.

Baca Juga : Pulau Harapan Kepulauan Seribu

Pulau Weh Menjadi Tempat Wisata Nasional

Pulau Weh telah tumbuh menjadi destinasi wisata nasional. Tidak heran segala fasilitasnya telah tercukupi, mulai dari rumah makan, penginapan, hingga persewaan alat wisata. Yang sedikit mengherankan adalah animo wisatawan yang kurang begitu menunjukkan peningkatan signifikan. Pemerintah Indonesia sendiri kurang mempromosikan pulau ini sehingga wisatawan asing hanya mengenal tempat lain. Seperti : Kuta, Raja Ampat, Bunaken, dan Mentawai sebagai pantai-pantai indah Indonesia. Padahal, di luar keempat tempat tersebut, tersimpan ribuan pantai lain yang keindahannya tidak kalah mengagumkan. Pantai Iboih dan Pulau Weh adalah salah satunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.