Pulau Mursala Tapanuli Tengah

pulau mursala

Lokasi Pulau Mursala Tapanuli Tengah

Pulau Mursala di Kabupaten Tapanuli Tengah adalah pulau berpenghuni. Namun jumlah penduduk yang hidup disana tidak terlalu banyak hanya sekitar puluhan kepala keluarga saja. Pulau Mursala dikenal memiliki kisah legenda tersendiri oleh masyarakat Sibolga, sebuah kisah seram yang ‘menutupi’ keindahan panorama alam Pulau Mursala.

Pulau Mursala merupakan pulau terbesar di Kabupaten Tapanuli Tengah. Pulau ini dikelilingi oleh beberapa gugusan pulau kecil tak berpenghuni. Pulau-pulau kecil tersebut diantaranya adalah Pulau Puti, Pulau Silabu Na Godang, Pulau Kalimantung, Pulau Jambe, dan Pulau Silabu Na Menek.

Baca juga : Pulau Weh Jatuh Cinta Pada Pandangan Pertama

Ekosistem Pulau Mursala Yang Tersembunyi

Anda akan berdecak kagum melihat sisi eksotisme yang tersimpan di Pulau Mursala. Asumsi diatas tentu tidak berlebihan, karena pada pulau ini tersimpan sebuah keindahan air terjun yang memliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan kebanyakan air terjun yang ada di Sumatera ataupun di Indonesia pada umumnya.

Air terjun yang tidak terlalu tinggi (diperkiraan 35 m) ini memiliki keunikan dengan airnya yang langsung jatuh ke permukaan laut. Melihat keunikan yang ada tersebut membuat Pulau Mursala pernah menjadi lokasi syuting film ‘Mursala’ yang disutradarai oleh Viva Westi dengan pemeran utamanya Rio Dewanto dan Titi Sjuman.

Asal Usul Nama “Mursala”

Nama mursala yang disematkan pada nama pulau ini cukup menarik untuk diketahui. Dari beberapa cerita dari masyarakat lokal disana, nama mursala berasal dari dua perpaduan kata yaitu kata mur yang berarti sebutan lain untuk orang Arab dan shalat yang berarti rukun wajib bagi orang Islam.

Hal ini diperkuat dengan cerita masyarakat yang konon pada abad VII, banyak bangsa Arab yang datang ke Pantai Barus untuk singgah dan melakukan pertukaran komoditi. Dan sebelum mereka memasuki Barus, konon mereka sering melakukan ibadah terutama shalat di ujung sebuah pulau besar (Pulau Mursala).

Apa Yang Bisa Dilakukan di Pulau Mursala

Pulau Mursala adalah pulau yang paling terbesar di Kabupaten Tapanuli Tengah. Pulai ini memiliki perairan yang dangkal dengan keindahan terumbu karang dan keanekaragaman jenis ikan. Keindahan terumbu karang tersebut dapat anda saksikan di sekitaran Pulau Mursala dengan salah satu spot terbaiknya di Teluk Labuah Hunik. Teluk Labuah Hunik sangat cocok bagi anda yang gemar melakukan aktifitas seperti menyelam ataupun snorkeling. Kegiatan memancing atau pun berkemah di alam bebas juga bisa dilakukan di pulau ini.

Objek lain yang ada di sekitaran Pulau Mursala yang bisa anda kunjungi antara lain :

  1. Melihat gugusan batu curam di sekitaran Pulau Silabu-labu Na Gondang.
  2. Melihat batu yang menjorok berbentuk burung atau disebut Batu Garuda di pantai Pulau Slabu Na Menek.
  3. Bonsai Pinang Merah alam diatas bebatuan curam sekitaran Pulau Silabu Na Menek.
  4. Hamparan pantai pasir putih di Pulau Puti.
  5. Laguna dengan hamparan pantai pasir putih yang mentau antara Pulau SIlabu-labu Na Godang dengan Pulau Kalimantung.

Bagaimana Akses Menuju Lokasi?

Pulau Mursala terletak di sebelah barat daya kota Sibolga. Secara administratif pulau ini berada di Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah. Sebagai salah satu objek wisata yang terdapat di Indonesia, pulau ini mampu menawarkan panorama alam yang sangat indah. Jika melihat letak pulau ini di dalam peta, akses menuju Pulau Mursala lebih dekat jika di lalui melalui kota Sibolga.

Kota Sibolga berjarak kurang lebih 350 km atau memakan waktu 7-8 jam dari kota Medan dengan menggunakan akses jalur darat. Setelah sampai di kota Sibolga, untuk mencapai pulau ini anda bisa menggunakan transportasi laut berupa kapal cepat (speedboat) atau kapal biasa. Untuk biaya sewa kapal, harga yang ditawarkan cukup bervariatif, namun rata-rata harga sewa kapal cepat disana kisaran 2.5 juta untuk pulang pergi dengan kapasitas 20 orang.

Bagaimana Dengan Akomodasi dan Fasilitas Lainnya?

Di objek wisata Pulau Mursala tidak terdapat akomodasi dan fasilitas seperti hotel atau rumah makan. Sehingga jika ingin bermalam disarankan untuk membawa peralatan tenda atau bisa menginap di rumah-rumah penduduk dan jangan lupa untuk membawa perbekalan makanan yang cukup.

Alternatif lain, Anda bisa beristirahat di kawasan Pantai Pandan, Sibolga. Di sana terdapat beberapa penginapan, salah satunya adalah Hotel Bumi Asih Pandan Beach Resort yang merupakan hotel bintang 4 dan bertatapan langsung dengan Pantai Pandan. Pilihan lain adalah Hotel Pandan Carita yang terletak di Jalan Padang Sidempuan, ataupun Hotel Wisata Indah Sibolga di Jalan Brigadir Katamso No.57.