Pulau Harapan Kepulauan Seribu

Pulau Harapan Kepulauan Seribu

Pulau Harapan Kepulauan Seribu

Pulau Harapan Kepulauan Seribu merupakan sebuah kelurahan yang berada di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara – Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Jakarta. Kelurahan ini membawahi dari tiga puluh pulau dengan dibagi 4 peruntukan. Yaitu pulau pemukiman, pulau wisata, pulau zona inti perlindungan dan pulau cagar alam.

Pulau Harapan Adalah Pulau Terjauh Di Kepulauan Seribu

Lokasi Pulau Harapan Kepulauan Seribu ini cukup jauh dari pusat Ibu Kota Jakarta. Dibutuhkan waktu kurang lebih sekitar 3 jam dari Pelabuhan Kaliadem dengan menggunakan kapal ferry tradisional. Sedangkan dibutuhkan waktu 1 jam jika dari Pelabuhan Marina Ancol dengan menggunakan kapal cepat atau speedboat. Lokasi pulau ini memang yang paling jauh diantara pulau wisata lainnya yang ada di Jakarta. Jika dibandingkan dengan Pulau Pramuka, Pulau Pari dan Pulau Tidung yang ada di Kepulauan Seribu.

Banyak yang mengatakan pulau ini merupakan pulau yang memiliki tempat snorkling terbanyak dan paling indah di Kepulauan Seribu. Padahal, pulau ini adalah sebuah destinasi wisata bahari yang bisa dikatakan baru yang berada di Kepulauan Seribu.

Ini dikarenakan letak lokasinya banyak dikelilingi oleh pulau – pulau pribadi dan pulau – pulau resort di sekitarnya. Hal inilah menjadikan Pulau Harapan sebagai pulau yang strategis dan banyak disukai oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Wisata Berbasis Ecotourism

Wisata Pulau Harapan Kepulauan Seribu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yaitu kurang lebih sejak awal tahun 2012. Pulau ini memang berada di sebuah kawasan konservasi Taman Nasional Kepulauan Seribu atau yang sering di singkat TNKS.

Karena letaknya yang berada di daerah konservasi itulah, wisata Pulau Harapan Kepulauan Seribu ini berbasis ecotourism. Ecotourism yaitu wisata yang memiliki tanggung jawab ke daerah alam yang melestarikan lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Potensi Pulau Terus Dikembangkan

Pembenahan dan pembangunan sarana dan prasarana yang berada di pulau ini masih terus dilakukan sampai sekarang ini. Salah satunya adalah perbaikan dermaga utama Pulau Harapan Kepulauan Seribu.

Pada saat ini wisata bahari di pulau ini sudah sangat berkembang pesat. Tak heran jika banyak sekali tempat di Pulau Harapan ini dijadikan destinasi liburan di akhir pekan oleh para wisatawan.

Potensi Wisata Berkah Bagi Masyarakat Setempat

Dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung memberikan berkah bagi masyarakat setempat. Hal ini menjadikan ladang bisnis wisata yang subur, mulai dari jasa penginapan hingga jasa tour guide lokal.

Berkah inipun juga dirasakan oleh penyedia jasa paket wisata atau travel agent yang berada di Pulau Harapan itu sendiri. Permintaan paket wisata akan semakin meningkat jika sudah memasuki akhir pekan dan libur nasional.

Baca Juga:

Saat ini banyak sekali jenis paket yang ditawarkan oleh penyedia jasa paket wisata Pulau Harapan. Baik Paket Wisata 2 Hari 1 Malam dan Paket Wisata 3 Hari 2 Malam. Selain itu ada pula paket wisata khusus untuk para backpacker.

Paket wisata khusus para backpacker ini biasa disebut dengan Trip Gabungan atau Open Trip Pulau Harapan yang banyak disediakan oleh travel agent lokal. Keuntungan dari open trip ini adalah kita bisa mendapatkan harga murah jika kuota peserta kita tidak begitu banyak. Anda bisa mengunjungi halaman ini https://haraduta.com/open-trip/pulau-harapan/ untuk pemesanan paket open trip pulau harapan.

Sekian informasi mengenai wisata bahari Pulau Harapan Kepulauan Seribu, semoga menjadi informasi bagi Anda yang ingin mengunjunginya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.