Pantai Tanjung Setia Lampung

Pantai Tanjung Setia

Pesona Ombak Raksasa Pantai Tanjung Setia

Pantai Tanjung Setia Lampung – Jika menyebut kata selancar, maka yang biasanya langsung terpikirkan adalah lautan Hawaii. Di Indonesia, tentu tak jauh-jauh dari Mentawai dan G-Land. Namun, ombak yang ada di kaki pulau Sumatera ini benar-benar layak diperhitungkan.

Lampung selama ini identik dengan Taman Nasional Way Kambas-nya yang merupakan rumah bagi ratusan gajah. Namun, siapa sangka, di pantai baratnya yang menghadap Samudera Hindia, tersimpan sebuah pantai yang mengundang kekaguman nasional dan internasional.

Adalah Pantai Tanjung Setia yang digadang-gadang sebagai salah satu pantai dengan ombak tertinggi di Indonesia. Berlokasi sekitar 273 km dari pusat kota Bandar Lampung, Pantai Tanjung Setia boleh disebut sebagai tempat selancar yang amat sempurna. Letaknya yang berada di jalur Samudera Hindia menjadikan ombak-ombaknya konstan dan amat menggiurkan bagi peselancar.

Baca juga : Pantai Senggigi Lombok

Ombak di Pantai Tanjung Setia

Tanjung Setia menawarkan keindahan pantai yang masih alami karena memang belum banyak terjamah manusia. Berbeda dengan Mentawai dan G-Land yang selalu menjadi langganan kompetisi surfing internasional, maka Tanjung Setia relatif lebih sepi. Ombaknya yang bergulung-gulung semakin bertambah indah dengan pemandangan pasir putih dan pohon-pohon palem yang masih tumbuh subur di tepian pantai.

Ombak di Tanjung Setia benar-benar tidak main-main. Sepanjang tahun, ombak dapat menghempas hingga ketinggian 4 meter. Khusus bulan Juni hingga Agustus, puncak ombak dapat mencapai 6-7 meter dengan panjang sekitar 200 meter. Benar-benar surga bagi penggila olahraga selancar.

Jika kurang tertarik dengan ombak, pengunjung dapat menyisih ke sebelah utara, disana Anda dapat memancing ikan marlin dari atas perahu. Sensasi perjuangan mempertahankan mata kail dari perlawanan ikan merupakan pengalaman menarik tersendiri.

Yang Dapat Dilakukan Di Pantai Tanjug Setia

Setiap bulan Juli, pemerintah daerah Lampung akan mengadakan Semarak Wisata Tanjung Setia. Terdapat banyak olahraga air yang bisa diikuti pengunjung dengan bebas, seperti sepakbola pantai, voli pantai, selancar, hingga lomba memancing.

Menjelang senja, pengunjung akan menyaksikan panorama alam yang tak terkatakan indahnya. Karena berada di garis barat pantai Sumatera, maka Tanjung Setia berhadapan langsung dengan matahari yang akan segera masuk ke peraduannya. Warna jingga kemerahan akan tersebar merata di atas lautan yang mulai pasang. Pengunjung dapat duduk-duduk di tepi pantai sambil menikmati ikan marlin hasil tangkapan.

Cara Menuju ke Pantai Tanjung Setia

Untuk menuju ke pantai ini, pengunjung dapat memilih dua rute, yakni Jalur Tanggamus dan Jalur Liwa. Keduanya menggunakan jalur Trans Sumatera Lintas Barat. Untuk Jalur Tanggamus, perjalanan memakan waktu sekitar 5 jam, melewati Kota Agung Tanggamus. Sedangkan Jalur Liwa membutuhkan 6-7 jam perjalanan dengan melewati Lampung Utara, Kota Liwa, dan Kota Krui.

Sekalipun belum menjadi destinasi wisata unggulan, namun fasilitas di Tanjung Setia sudah memadai. Banyak penginapan yang disediakan bagi pengunjung yang ingin menghabiskan malam di pantai ini. Persewaan alat memancing, selancar, serta rumah makan juga tersedia dengan mencukupi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.