Menghabiskan waktu libur di Dusun Bambu Bandung

dusun bambu bandung

Dusun Bambu Bandung – Jawa Barat

Dusun Bambu Bandung – Akhirnya kami berkunjung ke Dusun Bambu, sebuah tempat wisata di Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Perjalanan liburan kali ini memang tidak mudah, selain karena lokasi Dusun Bambu yang terletak cukup jauh dari Kota Bandung. Hal ini di perparah dengan kemacetan yang terjadi di banyak titik perjalanan.

Rupanya libur panjang kali ini dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menyerbu berbagai tempat wisata di Bandung, Lembang dan sekitarnya. Sehingga kemacetanpun tidak terhindarkan.

Disepanjang perjalanan menuju Dusun Bambu kami melewati beberapa tempat wisata lainny. Seperti Kampung Gajah Wonderland, Jendela Alam, Ciwangun Indah Camp dan Curug Cimahi.

Sampai di lokasi Dusun Bambu, kami mencoba untuk antri agar dapat masuk melalui pintu gerbang satu. Tapi akhirnya harapan masuk pintu gerbang satu tidak terwujud karena penglola kembali menutup pintu ini. Dan pihak pengelola mengarahkannya pengunjung agar masuk melalui pintu gerbang 2. Informasi, pintu gerbang 2 letaknya jauh dari pintu gerbang 1 melalui sebuah turunan yang curam dan tanjakan yang cukup panjang.

Parkiran di Dusun Bambu Bandung

Sampai di pintu gerbang 2 kami langsung diberi tiket parkir, menurut petugas parkir kendaraan akan di bayar ketika pulang.

Area parkir di pintu gerbang 2 ini cukup luas, namun lokasinya memang terletak di lereng. Karena tanjakan yang cukup panjang ini ada beberapa mobil yang tidak kuat sehingga mogok. Untung kami memarkir kendaraan tidak jauh dari pintu gerbang.

Setelah memarkir kendaraan kami menunggu kendaraan yang akan menganggut kami ke pintu masuk atau loket tiket. Kendaraan ini dihiasi dengan corak warna warni dan di sebut wara-wiri, beberapa penumpang menyebut kendaraan ini seperti odong-odong. Untuk menaiki kendaraan ini tidak di pungut bayaran.

Sampai di lokasi tiket, sudah terdapat antrian pengunjung yang akan membeli tiket, di lokasi ini terdapat toilet yang cukup bersih.

Setelah membeli tiket masuk, kemudian masuk melalui gerbang sebelahnya (tempat pengecekan tiket). Petugas biasanya akan menghitung jumlah tiket dan jumlah orang yang masuk.

Memasuki area wisata Dusun Bambu ternyata tidak diperbolehkan membawa makanan dari luar. Sehingga dengan terpaksa kami menitipkan makanan, minuman dan cemilan di tempat yang disediakan petugas.

Danau Dusun Bambu Bandung

Lepas dari sini ternyata kami masih harus melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan wara – wiri lagi. Kendaraan ini akan mengantar pengunjung ke beberapa titik pemberhentian seperti wisata petik strowberry, saung panahan dan lokasi dekat danau.

Kami memutuskan untuk berhenti di dekat danau, karena danau inilah yang sering dijadikan tempat untuk berselfie oleh pengunjung Dusun Bambu.

Disekitar danau ini sudah banyak pengunjung yang menikmati liburannya disini. Ada yang sekedar bercengkrama dengan keluarga ada juga yang sibuk mencari spot untuk foto – foto.

Danau ini tidak terlalu luas, di pinggirnya terdapat beberapa saung unik, ternyata ini adalah restaurant dan dikenal dengan Saung Purbasari. Mau menikmati makan siang di tengah suasana danau yang sejuk dengan pemandangan gunung disekitarnya? mungkin anda bisa mencoba makan di Saung Purbasari ini.

Sebagai referensi anda yang ingin pergi ke Dusun Bambu, berikut kami sampaikan beberapa fasilitas makanan dan minuman yang tersedia disini.

Saung Purbasari

Restaurant yang satu ini lokasinya cukup iconic, foto-fotonya banyak bertebaran di media sosial. Karena lokasi saung purbasari ini terletak di bibir danau yang sering di jadikan pengunjung sebagai latar belakang foto.

Saung Purbasari ini dapat menampung pengunjung sekitar 4 sampai dengan 12 orang. Disini ,enyediakan cita rasa makasakan khas sunda yang diklaim disajikan dengan tingkat yang berbeda.

Lutung Kasarung

Restaurant yang satu ini memang unik, dengan desain seperti sangkar burung, pengunjung akan dibawa kedalam suasana menikmati hidangan diatas pohon. Jangan khawatir anda tidak perlu memanjat untuk sampai ke lokasi, sudah tersedia jalur yang dapat digunakan untuk mencapai lokasi ini.

Restaurant lutung kasarung menyediakan berbagai makanan dan minuman baik selera internasional maupun masakan sunda.

Kafe Burangrang

Kafe yang terbesar di Dusun Bambu ini siap melayanani sarapan pagi anda atau sekedar minum teh hangat di sore hari. Lokasinya yang dekat dengan danau akan memudahkan anda mencari kafe yang satu ini.

Pasar Khatulistiwa

Seperti namanya di tempat ini banyak tersedia jajanan pasar kuliner khas Indonesia. Disini juga terdapat berbagai kerajinan yang dapat anda beli sebagai oleh-oleh. Ketika kami datang kesini, di bagian depan terdapat kelompok seni yang memainkan musik tradisional Sunda.

Sementara itu fasilitas lain yang tersedia diantaranya adalah:

Vieneth Archery

Jika anda ingin mencoba memanah, silahkan mampir ke tempat latihan panahan ini.

Area Pesawahan

Bagi anda yang ingin menikmati suasana pesawahan silahkan mampir ke tempat ini. Disini kita dapat melihat area peawahan padi dengan latar belakang pegunungan yang indah.

Labirin

Yang ini cocoknya untuk anak anda atau keponakan anda. Bermain di alam terbukan dan mencoba masuk kedalam labirin bisa sangat menyenangkan bagi mereka

The Rabbit

Hampir sama dengan labirin, di arena ini anak-anak dapat bermain dengan suka cita

Playground

Area permainan bagi anak yang bisa membuat anak anda ceria.

Fasilitas Ibadah Dusun Bambu

Bagi kaum muslim, tersedia mushola yang cukup nyaman untuk melaksanakan ibadah Sholat.

Tiket Masuk Dusun Bambu

Untuk dapat memasuki area wisata Dusun Bambu, pengunjung harus membeli tiket masuk sebesar Rp. 15.000,-/orang, masing – masing akan menadapatkan air mineral. Tapi sayang waktu kami kesana air mineral tersebut di berikan ketika keluar dari area wisata.

Parkir Mobil Rp. 15.000,-

Transportasi Ke Dusun Bamu

Transportasi ke Dusun Bambu dapat dilalui baik dengan mobil atau pun motor. Sementara angkutan umum tersedia sampai terminal parongpong, dari sana anda dapat melanjutkan dengan ojek.