Wisata Alam Curug Malela Bandung Barat

curug malela bandung

Wisata Alam Curug Malela Bandung Barat

Curug Malela – Kabupaten Bandung Barat memang memiliki banyak tempat wisata air terjun atau orang jawa barat menyebutnya sebagai Curug. Ya, di utara kota Bandung mulai dari Curug Tilu, Brugbrug, Cimahi, Ciomas hingga Panganten semuanya ada di Kabupaten Bandung Barat. Namun demikian, ternyata ada air terjun yang memiliki pesona berbeda karena mirip air terjun Niagara yang ada di Canada. Walaupun dengan bentuk yang lebih kecil, inilah air terjun Curug Malela yang lokasinya berada di Gunung Halu.

Lokasi Curug Malela ini memang cukup jauh dari Kota Bandung. Perjalanan dari Kota Bandung sampai ke Curug Malela menghabiskan 5 jam perjalanan tergantung kondisi jalan dan seberapa kuat kendaraan kita. Karena lokasinya sulit dijangkau serta jalan yang rusak, membuat kunjungan ke wisata ini tidak sebanyak tempat wisata air terjun lainnya.

Baca juga: Curug Cimahi dan Air Terjun Pelangi

Untuk menuju ke Curug Malela kita dapat menggunakan moda transportasi roda dua maupun roda empat. Namun demikian khusus kendaraan roda empat tidak disarankan untuk digunakan sampai ke lokasi. Karena kondisi jalanannya yang belum baik bahkan cenderung offroad. Begitu juga dengan pengguna roda dua jika sepeda motor anda tidak begitu tangguh sebaiknya jangan memaksakan sampai dilokasi. Karena banyak track yang berkubang lumpur apalagi di musim penghujan.

Moda transportasi umum juga sebetulnya bisa kita gunakan untuk menuju ke lokasi Air Terjun Malela ini. Kita bisa menggunakan bus dari Bandung (terminal ciroyom) sampai ke terminal bus di Desa Gunung Halu. Dari sini anda dapat menggunakan layanan trasportasi Ojeg sampai ke lokasi dengan tarif sekitar Rp. 100.000,- untuk pulang pergi. Bisa dimaklumi mengingat track menuju lokasi sangat berat.

Rute Menuju Curug Malela

Pengalaman kami berangkat ke lokasi wisata ini menggunakan sepeda motor, melalui daerah Batu Jajar kemudian Cililin lanjut ke Gunung Halu. Sepanjang perjalanan kita akan melihat pemandangan yang di dominasi oleh perkampungan penduduk, kebun dan sawah. Namun menjelang Gunung Halu kita akan melewati perkebunan teh yang lumayan menyegarkan mata.

Kami berhenti di desa terdekat ke Curug Malela, dan memutuskan untuk menyewa truk ke lokasi Curug. Benar saja truck yang kami lalui sangatlah kesulitan melewati jalan yang terjal dan berbatu. Beberapa kali truk yang kami tumpangi cukup kesulitan untuk melewati medan, karena jalanan yang berlumpur.

Sampai di lokasi anda masih harus berjalan kaki menyusuri ratusan anak tangga dan melewati pesawahan dengan pemandangan yang indah. Kurang lebih 30 menit perjalanan berjalan kaki kita akan sampai di Air Terjun Malela. Semua lelah dan cape yang dirasakan selama perjalanan akan terbayar ketika melihat pemandangan Curug Malela yang luar biasa indah. Disini kita dapat menikmati udara segar dan tentunya pemandangan curug malela yang memanjakan mata.